in ,

Pernah Dengar ‘Mesothelioma’? Yuk, Kenali 5 Jenis Kanker Ganas Agresif Ini..

Kanker Ganas Mesothelioma

Soreini.com, Health – Pernahkah Anda mendengar kata “Mesothelioma”? di Indonesia, memang jarang sekali kita mendengar kata ini. Namun, penelusuran Soreini.com, sudah banyak pemberitaan di luar negeri membahas penyakit kanker ganas agresif ini.

Dikutip Soreini dari laman doktersehat[dot]com, dijelaskan, Mesothelioma merupakan penyakit kanker ganas agresif yang mempengaruhi lapisan membran paru-paru dan perut, malignant mesothelioma atau mesothelioma ganas menjadi penyakit yang paling serius dari semua penyakit yang punya keterkaitan dengan asbestos.

Meskipun jarang terjadi, kanker mesothelioma tidak lagi dianggap langka. Penyebab utama dan faktor risiko untuk mesothelioma, yaitu paparan asbes. Mesothelioma mempunyai beberapa jenis, dan dapat menyerang beberapa bagian tubuh, berikut ini, 5 jenis kanker ganas agresif mesothelioma:

1. Mesothelioma pleura (selaput paru-paru)

Jenis mesothelioma plearu merupakan yang paling umum dari semua mesothelioma. Biasanya, disebabkan karena seringnya menghirup debu serat asbes, yang kemudian terjebak dalam pleura dan menyebabkan jaringan parut dan peradangan.

2. Mesothelioma peritoneal (selaput rongga perut)

Jenis paling umum kedua, yaitu mesothelioma peritoneal, penyakit ini berkembang di peritoneum, yaitu jaringan yang melapisi perut. Sama halnya dengan mesothelioma pleura, penyebabnya, yaitu debu dan serat asbes yang entah tertelan atau menemukan jalan ke saluran pencernaan sehingga mengendap dan berkembang di selaput rongga perut.

3. Mesothelioma perikardial (kantung yang menyelimuti jantung)

Mesothelioma perikardal, menduduki peringkat ketiga penyakit yang paling sering menyerang jaringan yang melapisi jantung. Penyebabnya asbes juga, dan kanker ini berkembang dari sel abnormal yang sudah berkembang pada pleura. Belum diketahui bagaimana prosesnya, namun debu asbes ini bisa menerobos ke pericardium dan berkembang di selaput jantung.


4. Mesothelioma dari t3st1s tunika v4gin4lis (lapisan internal 0rg4n s4k5 laki-laki) dan 

5. Mesothelioma uteri tunika serosa (selaput internal org4n 1nt1m wanita)

Kedua jenis mesothelioma, nomor 4 dan nomor 5 merupakan yang paling jarang terjadi. Meski belum pasti bagaimana persisnya debu asbes bisa mengendap dan menyerang bagian 0rg4n 1nt1m wanit4 dan pri4 ini, namun beberapa kasus memang menunjukkan bahwa debu asbes menjadi penyebab utamanya.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rumah Jendela Pangkalpinang: Bangka Belitung Punya Wisata Kekinian

Bukan Cafe.. Bukan Kedai, tapi Shanum Cocos.. Yuk, Rasakan Sensasi Gurih Lezat di Jantung Kota Pekanbaru